WELLCOME TO KASONGAN KERAMIK BLOG "WAGIRAN KERAMIK" CONTACT PERSON +6281 328 763334 (Asih)+6274 6666 736(Helmy) MENJUAL BERBAGAI KERAMIK TIPE INDOOR MAUPUN OUTDOOR, ACCESORIES PERNIKAHAN, VAS, SET MEJA, RORO JONGGRANG, BUNGA LONTAR, AIR MANCUR, ASBAK DLL WELLCOME TO KASONGAN KERAMIK BLOG "WAGIRAN KERAMIK" CONTACT PERSON +6281 328 763334 (Asih)+6274 6666 736(Helmy) MENJUAL BERBAGAI KERAMIK TIPE INDOOR MAUPUN OUTDOOR, ACCESORIES PERNIKAHAN, VAS, SET MEJA, RORO JONGGRANG, BUNGA LONTAR, AIR MANCUR, ASBAK DLL WELLCOME TO KASONGAN KERAMIK BLOG "WAGIRAN KERAMIK" CONTACT PERSON +6281 328 763334 (Asih)+6274 6666 736(Helmy) MENJUAL BERBAGAI KERAMIK TIPE INDOOR MAUPUN OUTDOOR, ACCESORIES PERNIKAHAN, VAS, SET MEJA, RORO JONGGRANG, BUNGA LONTAR, AIR MANCUR, ASBAK DLL

Desa Wisata Keramik Kasongan Hancur

[YOGYAKARTA] Desa wisata keramik Kasongan, Kecamatan Kasongan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta hancur. Hampir semua rumah dan bangunan ruang pamer, serta galeri ambruk dan rusak.

Lokasi desa yang kerap dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara ini kehilangan bentuk. Selain itu rumah warga desa yang selama ini menjadi pengrajin keramik juga banyak yang hancur.

Warga Kasongan yang selama ini mengandalkan pendapatan dari usaha keramik banyak yang hanya bisa menatap rumah mereka yang roboh. Mereka mengaku tidak tahu harus memulai dari mana lagi.

"Saya belum bisa mikir dari mana uang untuk kembali membangun usaha ini," ujar Yanti, pemilik Bougenvile Galeri yang mengkhususkan mengembangkan keramik untuk souvenir.

Pemantauan Pembaruan, kerusakan di desa itu terlihat di sepanjang jalan, mulai dari gapura utama, pintu masuk, hingga ke permukiman warga tempat pembuatan keramik.

Untuk meringankan beban warga, sebagian ibu-ibu setempat membuat dapur umum. Ada juga yang membentuk posko penerima bantuan.

Desa ini menjadi perhatian banyak wisatawan karena selama ini memang kerap menjadi salah satu lokasi kunjungan mereka.

Hasil keramik Kasongan yang terkenal memiliki ciri khas Tersendiri menjadi sasaran kunjungan wisatawan itu.

Di Pendopo

Selain desa wisata keramik Kasongan, desa penghasil wayang kulit di Bangunjiwo juga rusak. Warga setempat terlihat masih trauma dan tinggal di tenda-tenda.

Sebagian warga perumahan yang berada di kawasan ini terlihat banyak yang mengungsi ke daerah lain atau kembali ke kampung halaman mereka di daerah lain.

Sebagian mengaku khawatir terjadi gempa susulan. Selain itu banyak warga yang lebih memilih bertahan di pinggir jalan dan di pendopo kantor Kecamatan Bangunjiwo.

Para aparat desa juga terlihat sibuk mendata warga yang menjadi korban baik jiwa maupun bangunan.

Sementara itu warga masyarakat Klaten yang tidak menjadi korban beramai-ramai membantu saudaranya yang terkena musibah itu dengan cara membuat nasi bungkus dan diberikan kepada korban setiap hari hingga sepuluh hari ke depan.

Itulah yang dilakukan warga desa Karasan Candirejo Ngawen Klaten. Walau pun banyak rumah yang retak-retak akibat gempa, mereka merasa lebih beruntung sehingga bisa membantu orang lain yang terkena musibah ini.

Nasi ini dikumpulkan dari setiap rumah, dan tidak dibuatkan beramai-ramai. Selain nasi mereka juga membantu air minum, roti dan buah.

Sedangkan di sejumlah rumah sakit terlihat masih banyak didatangai warga masyarakat yang ingin mendapat pengobatan. Banyak warga yang sakit pasca gempa karena kurang cairan dan makanan.

Selain itu juga pengaruh cuaca dan lingkungan yang membuat kondisi tubuh mereka menjadi makin lemah.


Sumber :